FGMK 002 : Mengenal Interface FGMK


Gambar diatas merupakan interface awal ketika membuka FGMK v0.7.3 pertama kali, versi terbarunya yaitu v0.7.4. Jika sudah membuat proyek, tampilan awal ketika membuka FGMK akan berubah langsung membuka proyek kalian. Klik "OK" lalu kita buat proyek baru. Caranya klik "File" -> Klik "New ..." (Shortcut: Shift + ctrl + n). Tentukan folder tempat menyimpan proyeknya dan beri nama gamenya sesuai keinginan, lalu klik "OK". 
Berikut ini tampilan FGMK setelah membuat proyek:
Saya akan menjelaskan interface FGMK satu-persatu.
1) Tool Shelf = Tempat alat-alat untuk membuat peta.
- Pen = untuk menggambar peta dari tileset yang terseleksi hanya 1 kotak/grid.
- Dropper = Mengambil jenis tileset dan menyeleksinya.
- Bucket = Mengisi seluruh area dengan tileset yang sudah diseleksi.
- Line = Untuk mengisi area dengan bentuk garis. Hanya tentukan titik awal dan titik akhir maka akan terbuat secara otomatis.
- Rectangle = Untuk mengisi area dengan bentuk kotak. Hanya tentukan titik awal / pojok yang pertama lalu tentukan titik akhir / pojok yang kedua maka akan terbuat secara otomatis.
- Charaplacer = Menaruh (klik kiri mouse) dan menghapus (klik kanan mouse) chara (karakter) yang sudah diseleksi di grid yang di klik.
- Pan = Untuk menggeser peta.
2) Events = Tempat membuat, mengedit, dan menambahkan sebuah event.
- List of Events = Daftar event. untuk menambahkannya klik tanda ke atas yang ada di Event No atau langsung diketik mau ada berapa event.
- Actions = Daftar aksi. Tempat dimana kalian membuat aksinya, seperti contohnya membuka peti dan mendapatkan pedang.
- Event No = Untuk menambah atau mengurangi event. Jika 0 berarti tidak ada event.
- Collision = Untuk memberitahu engine apa chara bisa melewati tileset itu atau tidak. Colide artinya chara tidak bisa melewati tileset itu. Clear artinya chara bisa melewati tileset itu.
3) Map Explorer = Tempat membuat, membuka, menghapus dan bernavigasi antar map.
4) Layers = untuk membuat layer (menaruh tileset di atas tileset yang lain).
5) Tileset & Charas = Tempat memilih tileset dan charas.
- Tileset = Tempat memilih dan menyeleksi tileset. Dibawahnya ada preview tilesetnya juga.
- Charas = Tempat memilih dan menyeleksi Chara. Disampingnya ada preview charanya juga.

Saya sangat menyukai interface FGMK ini karena sangat menarik dan interaktif. Semua jendelanya bisa di perbesar atau diperkecil, di hapus, di keluarkan jadi seperti jendelanya pop up dan bisa disembunyikan bahkan di taruh ditempat lainnya. Jendelanya sangat interaktif seperti software Blender.


Sekian postingan ini. Di postingan selanjutnya saya akan menjelaskan cara membuat game RPG sederhana dengan menggunakan FGMK.



Sumber Gambar: Semua gambar oleh Dito Kurnia P
Lisensi: Tutorial ini beserta semua gambarnya dilisensikan menggunakan lisensi CC BY-SA 4.0.
Repositori: Gitlab

Komentar

Postingan Terpopuler

FGMK 001 : Cara Memasang FGMK di Windows dan Linux Ubuntu/Debian

FGMK 003 : Pembuatan Game RPG Sederhana dengan FGMK